Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen laba akrual dengan pendekatan revenue discretionary model dan kualitas laba terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2019. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2019 yaitu sebanyak 184 perusahaan. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 99 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen laba akrual dengan pendekatan revenue discretionary model secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai probability sebesar 0,645 lebih besar dari 0,05 (0,645 > 0,05). Kualitas Laba secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai probability sebesar 0,000 lebih kecil dari 0.05 (0,000 < 0,05). Manajemen laba akrual dengan pendekatan revenue discretionary model dan kualitas laba secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, hasil yang diperoleh menunjukan bahwa nilai probability yang dihasilkan sebesar 0,000 < 0,05.
Copyrights © 2024