Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi berprestasi dan keterampilan belajar mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling di UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan motivasi berprestasi dengan keterampilan belajar Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling di Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional antar dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan dan konseling UIN Mahmud Yunus Batusangkar dengan jumlah 95 orang. Jumlah sampel pada penelitian ini 33 orang yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, hasil penelitian diketahui rxy yaitu sebesar 0,668, seterusnya jika dikonsultasikan dengan pada taraf signifikan 5% yaitu sebesar 0,355. Dengan demikian maka rxy (0,668) > rt 0,355 pada taraf signifikan 5%. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (H0) ditolak, yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan keterampilan belajar mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling di UIN Mahmud Yunus Batusangkar.
Copyrights © 2024