Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V SDIP YLPI Pekanbaru

Maharani, Dwi (Unknown)
Mustika, Dea (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V di SDIP YLPI Pekanbaru selama pembelajaran IPAS. Metode penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan metode eksperimental, yaitu metode Pra Eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design sebagai bentuk Pre Eksperimen. Penelitian ini melibatkan kelas Vb yang terdiri dari 35 siswa. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data penelitian mengenai kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan temuan uji One Sample T-test diketahui nilai signifikansi Sig. (2-tailed) > 0,05 menunjukkan bahwa nilai thitung (5,995) > ttabel (2,032). Ini menunjukkan penolakan terhadap Ho dan penerimaan terhadap Ha. Hingga terjadi pengaruh dari metode Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPAS kelas V di SDIP YLPI Pekanbaru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...