Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah Kemampuan literasi numerasi siswa kelas II SDN Bugangan 02 masih kurang dalam mata pelajaran matematika, karena pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan media pembelajaran yang konkrit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbantuan media papan perkalian terhadap literasi numerasi kelas II SDN Bugangan 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis pre-experimental design menggunakan one group pretest posttest. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh dengan melibatkan sejumlah 14 peserta didik kelas II. Adapun teknik analisis data menerapkan analisis kuantitatif melalui melaksanakan uji paired sample t-test. Uji prasyarat menerapkan uji normalitas melalui nilai signifikansi 0,890 dan 0,115 lebih dari 0.05, sehingga data menunjukkan berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Hal tersebut berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan media papan perkalian berpengaruh signifikan terhadap literasi numerasi Kelas II SDN Bugangan 02.
Copyrights © 2024