Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Validitas Lembar Kerja Peserta Didik dengan model Discovery Learning Materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV SD Negeri 30 Pontianak Selatan

Sepitri, Ninda (Unknown)
Kartono, Kartono (Unknown)
Halidjah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas lembar kerja peserta didik dengan model Discovery Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dalam kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan observasi dan wawancara dengan guru dan siswa di sekolah pada saat prariset dan validasi produk. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan mengadaptasi model pengembangan Thiagarajan 4D (define, design, development dan dissemination). Sumber data penelitian ini adalah hasil validasi. Hasil penelitian menunjukkan selama proses pengembangan LKPD bdengan model Discovery Learning bermuatan sikap ilmiah dilakukan hanya dalam tiga tahapan yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Kevalidan LKPD presentase rata-rata dari aspek pembelajaran (materi ) sebesar 4,55 berkriteria sangat valid, dari aspek teknis/tampilan sebesar 4,8 dengan kriteria sangat valid.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...