Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Shopping Enjoyment dan Impulse Buying: Pengguna E-Commerce Shopee

Rahmah, Tiara Luthfiah (Unknown)
Sesilia, Ayudia Popy Sesilia (Unknown)
Suri, Findy (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan antara shopping enjoyment dengan impulse buying pengguna e-commerce Shopee pada mahasiswa Administrasi Perpajakan Universitas X. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengambilan data menggunakan skala likert, yaitu skala shopping enjoyment dan skala impulse buying. Dari hasil uji hipotesis diperoleh koefisien determinasi (r2) sebesar 0,658 maka pengaruh shopping enjoyment terhadap impulse buying adalah sebesar 65,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti promosi penjualan, FoMO dan hedonic motivation. Untuk melihat apakah shopping enjoyment memiliki hubungan dengan impulse buying, maka dilakukan uji korelasi product moment. Dengan koefisien korelasi rxy sebesar 0,811, dengan signifikan p = 0,000 < 0,05 maka dari hasil ini dapat diambil kesimpulan variabel shopping enjoyment memiliki hubungan positif signifikan dengan variabel impulse buying.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...