Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Wordwall terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Mlatiharjo 02 Semarang

Febriyaningsih, Ani (Unknown)
Huda, Choirul (Unknown)
Rahayu, Susilowati (Unknown)
Nuvitalia, Duwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian bertujuan guna mengetahui pengaruh dari model pembelajaran PBL atau Problem Based Learning dengan bantuan media wordwall terhadap hasil belajar IPAS SDN Mlatiharjo 02 Kelas IV. Jenis dan Metode penelitian ini ialah kuantitatif dan Pre Eksperimental Design. Model design yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest Design. Sebanyak 28 peserta didik Kelas IV menjadi sampel dalam penelitian ini, sebab menggunakan teknik sampling jenuh sehingga melibatkan keseluruhan anggota kelas. Data dianalisis dengan Uji Paired Sample t-test. Adapun prasyarat uji normalitas pretest menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,103 > 0,05 sedangkan nilai signifikansi postestnya yakni sebesar 0,64 > 0.05, sehingga data dapat dianggap berdistribusi normal. Dari penelitian memperlihatkan bahwasanya Uji paired sample t-test menunjukan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh karena itu keputusan yang dapat disimpulkan adalah bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya penggunaan model pembelajaran PBL dengan media wordwall berpengaruh pada hasil belajar anak didik di SDN Mlatiharjo 02 Semarang khususnya kelas IV.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...