Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Hubungan Social Support dengan Academic Burnout pada Mahasiswa Tingkat Akhir S1 Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang

Nadira, Firda (Unknown)
Novitasari, Andra (Unknown)
Romadhoni, Romadhoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Mahasiswa kedokteran tingkat akhir adalah kelompok akademisi dari universitas dengan tuntutan akademik yang tinggi, faktornya adalah kurangnya dukungan sosial. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2023, jenis penelitian observasional analitik, desain cross sectional. Kuesioner dari MBI-SS dan MSPSS digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini terdiri dari mahasiswa tingkat akhir S1 Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang melalui total sampling. Hasil analisis univariat dengan 125 responden didapatkan mayoritas memiliki tingkat social support sedang 81 (64,8%) dan tingkat academic burnout sedang 110 (88,0%), hasil analisis rank spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara social support dengan academic burnout p-value (p=0,000) dan mempunyai kekuatan korelasi cukup kuat dengan model linier negatif (r= -0,346) yang berarti semakin tinggi social support maka akan semakin rendah academic burnout.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...