Berdasarkan hasil pengamatan di dalam pembelajaran IPA, teridentifikasi beberapa permasalahan sepanjang perjalanan belajar, di antaranya adanya kecenderungan proses pembelajaran yang masih fokus pada guru, yang memberikan konsekuensi kepada siswa memiliki sedikit kesempatan untuk menyampaikan pengetahuan awal siswa yang mengakibatkan siswa mengalami kejenuhan dan kebosanan, yang pada akhirnya dapat berdampak negatif pada hasil belajar mereka. sehingga dapat menurunkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa materi bagian tubuh tumbuhan kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menerapkan desain kuasi-eksperimental dengan rancangan posttest-only control design. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik, khususnya uji t untuk sampel independen. Hasil Uji-t menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000 atau kurang dari nilai signifikasi yang telah ditentukan yaitu 0,05. Dari hasil uji t-test yang dipaparkan, disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil pencapaian pembelajaran siswa materi bagian tubuh tumbuhan kelas IV SD.
Copyrights © 2024