Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Buku Cerita Bergambar Terhadap Literasi Membaca Peserta Didik SD N Siwalan

Nata Syari, Sabrina (Unknown)
Ayu Nyoman Murnianti, Ngurah (Unknown)
Suchaeroh, Suchaeroh (Unknown)
Nursyahidah, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian dilakukan guna mengetahui penerapan buku cerita bergambar terhadap literasi membaca peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif objek studi. Adapun subjek penelitian ini yaitu guru kelas dan peserta didik kelas 3B. Pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan informasi dengan melalui pengamatan wawancara, dan dokumentasi. Hasil wawancara dengan guru kelas III tentang penerapan buku cerita bergambar terhadap literasi membaca menjadi kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kosa kata peserta didik. Sedangkan wawancara dengan peserta didik kelas III menyebutkan bahwa mereka senang ketika pembiasaan literasi membaca menggunakan buku cerita bergambar daripada menggunakan buku cerita yang hanya tulisan saja, dan mereka lebih cepat paham terhadap buku yang dibaca. Hasil wawancara dengan guru kelas III dan peserta didik kelas III didapat bahwa penggunaan buku cerita bergambar terhadap literasi membaca peserta didik sepenuhnya berhasil.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...