Berdasarkan data hasil studi pendahuluan, siswa kelas XI IPA 1 SMA Dian Harapan masih kurang andal dalam ketiga kompetensi penting siswa abad 21 yaitu keterampilan berpikir kritis, kreatif, serta kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ketiga kompetensi tersebut. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 25 orang siswa. Instrumen yang digunakan yaitu rubrik penilaian dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perkembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif serta kolaborasi. Nilai rata-rata berpikir kritis pada siklus satu adalah 69.33, siklus dua 78.33 dan di siklus tiga 86.46. N-Gain siklus satu ke siklus dua yaitu 0.3, dan N-Gain siklus dua ke siklus tiga adalah 0.2 dimana kedua N-Gain tergolong sedang. Nilai rata-rata berpikir kreatif pada siklus satu yaitu 65.33, siklus dua 80.33 dan di siklus tiga 86.81. N-Gain siklus satu ke siklus dua sebesar 0.3 dan tergolong sedang, N-Gain siklus dua ke siklus tiga adalah 0.3 yang tergolong sedang. Nilai rata-rata kolaborasi siklus satu yaitu 73.00, di siklus dua 80.67 dan siklus tiga 90.97. N-Gain siklus satu ke siklus dua adalah 0.3 dan tergolong sedang dan dari siklus dua ke siklus tiga yaitu 0.3 yang tergolong sedang.
Copyrights © 2024