Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Katak Lompat terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pre-eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Karangrejo 02 Semarang dengan jumlah 12 siswa. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah nilai pretest-posttest materi pengurangan. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Data yang diperoleh diujikan melalui uji normalitas, uji N-gain, dan uji hipotesis paired sample T-test. Hasil dari penilitian yaitu hasilbelajar sebelum diberikan perlakuan media Katak Lompat adalah 58,33 dan setelah diberikan perlakuan media Katak Lompat 84,17. Berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa penggunaan media Katak Lompat memiliki pengaruh yang efektif dengan nilai signifikan <0,05. Kriteria N-gain juga mendapat nilai >0,7 yang menunjukkan bahwa penggunaan media Katak Lompat memiliki efektifitas yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terdapat pengaruh yang efektif dan perbedaan terhadap hasil belajar siswa saat sebelum menggunakan media Katak Lompat dan sesudah menggunakan media Katak Lompat
Copyrights © 2024