Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Literasi Budaya Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas IV A Di SDN Pedurungan LOR 01 Semarang

Suharni, Titin (Unknown)
Listyarini, Ikha (Unknown)
Puji R, Ita Laila (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Literasi Budaya Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas IV A Di SDN Pedurungan Lor 01 Semarang. Penelitian kualitatif menggunakan pengambilan data berupa data deskriptif seperti tulisan, perkataan dan perilaku yang bisa diamati. Penelitian dilakukan pada semester genap 2024. Dalam proses pembelajaran berdiferensiasi dengan literasi budaya memberikan dampak yang baik bagi guru dan peserta didik lebih mengenal budaya lingkungan setempat pada penelitian ini literasi budaya yang digunakan adalah kegiatan gotong royong membangun rumah atau yang disebut dengan sambatan di daerah Jawa Tengah. Pada penelitian ini diferensiasi yang digunakan adalah diferensiasi konten dan proses dalam pembelajaran. Selanjutnya, juga diperoleh bagaimana literasi budaya diterapkan dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PPKN kelas IV A yaitu budaya membangun rumah secara gotong royong didaerah Jawa Tengah yang disebut budaya Sambatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...