Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan kotak ajaib terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak di TK Kemala Bayangkari 26. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di TK Kemala Bayangkari 26 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 siswa. Sampel dalam penelitian ini total sampling yakni seluruh siswa kelompok kelas B sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t 2 sampel independent. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media permainan kotak ajaib terhadap perkembangan kemampuan mengenal huruf anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bayangkari 26 Kota Bengkulu, hal ini terlihat dari hasil analisis uji tes 2 sampel independent diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan thitung (4,633) > ttabel (0,05;28) adalah 2,048, maka hipotesis Ho ditolak dan kerja Ha diterima.
Copyrights © 2024