Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak
Vol. 5 No. 1 (2024): Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak

Pengembangan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah dengan Metode Yanbu’a Di TK Al-Qolbi Kalisari Sayung Demak

Noor, Fu'ad Noor (Unknown)
Nasikah, Khoirotun (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Peserta didik di TK Al-Qolbi masih belum bisa mengenal huruf hijaiyyah, karenanya dikenalkan menggunakan metode yanbu’a. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan dan mengetahui peningkatan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyyah melalui metode yanbu’a di TK Al-Qolbi Kalisari Sayung Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) yang terdiri dari dua siklus, dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan setiap siklusnya, prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksannan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Al-Qolbi Kalisari Sayung Demak sebanyak 12 orang anak. Hasil tindakan yang dilaksanakan pada siklus I terjadi peningkatan dengan perolehan nilai persentase sebanyak (62,5%) dengan hasil nilai 6 anak mulai berkembang dan 6 anak lainnya berkembang sesuai harapan. Pada siklus II diperoleh nilai persentase (75%) dengan hasil nilai 12 anak berkembang sesuai harapan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hadlonah

Publisher

Subject

Education

Description

Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak is peer-reviewer journal tha focuses on the issue of Islamic Early Childhood Education. Investigated the dynamics of learning of children at the Early Childhood Education (TK, RA, KB, SPS). Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak is a ...