Peserta didik di TK Al-Qolbi masih belum bisa mengenal huruf hijaiyyah, karenanya dikenalkan menggunakan metode yanbu’a. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan dan mengetahui peningkatan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyyah melalui metode yanbu’a di TK Al-Qolbi Kalisari Sayung Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) yang terdiri dari dua siklus, dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan setiap siklusnya, prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksannan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Al-Qolbi Kalisari Sayung Demak sebanyak 12 orang anak. Hasil tindakan yang dilaksanakan pada siklus I terjadi peningkatan dengan perolehan nilai persentase sebanyak (62,5%) dengan hasil nilai 6 anak mulai berkembang dan 6 anak lainnya berkembang sesuai harapan. Pada siklus II diperoleh nilai persentase (75%) dengan hasil nilai 12 anak berkembang sesuai harapan.
Copyrights © 2024