Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak
Vol. 5 No. 2 (2025): Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Mengembangkan Karakter Peserta Didik Anak Usia Dini Di Kurikulum Merdeka Belajar

Hidayah, Nahdiyah (Unknown)
Suwarni , Titi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2025

Abstract

Pelaksanaa program proyek profil prlajar Pancasila diharapkan dapat berjalan dengan baik agar pelaksana penyelenggaraan pembelajaran pada anak usia dini dapat memngembangkan karakternya sejak masa usia dini Oleh karena itu, Proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya profil pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek. Dengan menjalankan P5, pendidik diharapkan dapat menemani proses pembelajaran peserta didik masa usia dini untuk dapat menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter dari masa usia dini luhur sebagaimana yang dijabarkan dalam profil pelajar Pancasila. Proyek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar pancasila, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya dan memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitarnya Dimensi profil pelajar Pancasila menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri dapat mengembangka karakternya . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan karakter dan kompetisi anak usia dini (P5) dalam kurikulum Merdeka belajar di anak usia dini dan dampaknya sangat bagus untuk membentuk karakter terhadap peserta didik dengan tema “Bhineka Tunggal Ika”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi melalui wawancara dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum di TK Tamansari. Atas, observasi,dan hasil studi literatur .Berdasarkan hasil penelitian proses pelaksanaan P5 di anak usia dini sudah berjalan dengan baik, partisipasi aktif dari siswa juga terlihat jelas pada tema yang telah diterapkan yaitu “Bhineka Tunggal Ika”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

hadlonah

Publisher

Subject

Education

Description

Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak is peer-reviewer journal tha focuses on the issue of Islamic Early Childhood Education. Investigated the dynamics of learning of children at the Early Childhood Education (TK, RA, KB, SPS). Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak is a ...