Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri 25 Buton Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berorientasi pada pendekatan survey. Pendekatan survey in, menggambarkan karakteristik tertentu dari suatu populasi, variable yang ditelaah disejalankan dengan karakteristik yang menjadi fokus perhatian survey tersebut. Hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan orang tua memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar pada siswa kelas III SD Negeri 25 Buton sebesar 0,68. Pemberian interpretasi terhadap rxy dapat ditempuh dengan interpretasi secara sederhana yaitu : Dari perhitungan rumus product moment, telah diperoleh xry sebesar 0,68 jika diperhatikan, maka Angka Indeks pengaruh yang telah diperoleh pertanda positif. Ini berarti pengaruh antara variabel X (pendidikan orang tua) dan variabel Y (hasil belajar siswa) terdapat pengaruh yang sedang atau cukup diantara kedua variabel tersebut. Apabila dilihat besarnya xry yang diperoleh ini, yaitu : 0,68 ternyata terletak antara 0.40 – 0.70. dapat dinyatakan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat pengaruh yang sedang atau cukup.
Copyrights © 2024