Penelitian ini mengkaji penguatan nilai-nilai moderasi beragama pada anak usia dini melaluiperspektif Teori Belajar Sosial Albert Bandura. Fenomena radikalisme dan intoleransi yangberkembang di masyarakat menuntut penanaman moderasi beragama sejak dini pada masa golden agesebagai upaya membentuk generasi yang toleran dan menghargai keberagaman. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui peran guru dan lingkungan PAUD dalam membangun perhatian (attention) anakterhadap perilaku moderat, mendeskripsikan proses retensi (retention) nilai-nilai moderasi beragama,dan menganalisis upaya penguatan motivasi (motivation) anak agar konsisten menampilkan perilakumoderat. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan desain studi pustaka melalui analisisliteratur dari jurnal ilmiah dan buku teks lima tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwaguru berperan sebagai model yang membangun perhatian anak melalui keteladanan, proses retensiterjadi melalui metode pembiasaan dan pengkodean simbolik, serta penguatan motivasi dilakukanmelalui reinforcement positif dan internalisasi nilai spiritual. Integrasi Teori Bandura dengan nilainilai pendidikan Islam terbukti efektif dalam membentuk karakter moderat anak usia dini.
Copyrights © 2024