Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak
Vol. 5 No. 1 (2024): Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak

PENGUATAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA ANAK USIA DINI

Ulfah, Elis Siti Maria (Unknown)
Nurhasan, Arief Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji penguatan nilai-nilai moderasi beragama pada anak usia dini melaluiperspektif Teori Belajar Sosial Albert Bandura. Fenomena radikalisme dan intoleransi yangberkembang di masyarakat menuntut penanaman moderasi beragama sejak dini pada masa golden agesebagai upaya membentuk generasi yang toleran dan menghargai keberagaman. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui peran guru dan lingkungan PAUD dalam membangun perhatian (attention) anakterhadap perilaku moderat, mendeskripsikan proses retensi (retention) nilai-nilai moderasi beragama,dan menganalisis upaya penguatan motivasi (motivation) anak agar konsisten menampilkan perilakumoderat. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan desain studi pustaka melalui analisisliteratur dari jurnal ilmiah dan buku teks lima tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwaguru berperan sebagai model yang membangun perhatian anak melalui keteladanan, proses retensiterjadi melalui metode pembiasaan dan pengkodean simbolik, serta penguatan motivasi dilakukanmelalui reinforcement positif dan internalisasi nilai spiritual. Integrasi Teori Bandura dengan nilainilai pendidikan Islam terbukti efektif dalam membentuk karakter moderat anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hadlonah

Publisher

Subject

Education

Description

Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak is peer-reviewer journal tha focuses on the issue of Islamic Early Childhood Education. Investigated the dynamics of learning of children at the Early Childhood Education (TK, RA, KB, SPS). Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak is a ...