Transformasi digital dalam pendidikan anak usia dini menuntut pendidik memiliki literasi digital yangmemadai untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran secara efektif dan sesuai karakteristikperkembangan anak. Penelitian ini bertujuan menganalisis literasi digital pendidik anak usia dinidalam implementasi pembelajaran digital di RA Al Washliyah Kabupaten Cirebon denganmenggunakan kerangka kerja TPACK yang mencakup pengetahuan teknologi, pengetahuanpedagogik, dan integrasi keduanya dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatifdeskriptif dengan desain studi kasus, melibatkan lima orang pendidik sebagai informan yang dipilihmelalui purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasipartisipatif, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Hubermandengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkanbahwa pengetahuan teknologi pendidik berada pada tingkat dasar hingga menengah denganpenguasaan terbatas pada aplikasi sederhana, sementara pengetahuan pedagogik menunjukkanpemahaman yang baik tentang prinsip pembelajaran anak usia dini meskipun implementasi praktismasih menghadapi tantangan. Integrasi TPACK telah dilakukan dalam pembelajaran tematik namunbelum konsisten dan optimal karena perencanaan yang belum mengintegrasikan teknologi secaraeksplisit sebagai komponen integral pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan perlunya programpelatihan sistematis dan pendampingan intensif untuk meningkatkan kompetensi literasi digitalpendidik PAUD.
Copyrights © 2025