Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 5 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Adobe Animate untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Dwicahya, Nugraha Prasetya (Unknown)
Lutfi, Ahmad Fajri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Animate bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan teknologi multimedia interaktif. Masalah rendahnya minat belajar siswa, keberagaman gaya belajar, adanya percepatan perkembangan teknologi yang mendisrupsi berbagai sektor dan kurangnya inovasi dalam pendidikan menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Sampel penelitian adalah 35 siswa kelas X DKV 1 SMK Negeri 3 Kuningan. Hasil validasi ahli menunjukkan media pembelajaran “Sangat Layak” digunakan dengan persentase kelayakan 87% dari ahli materi dan 92% dari ahli media. Uji N-Gain menghasilkan nilai 0,5681 (kategori “Sedang”) dengan efektivitas media mencapai 56,8141% (kategori “Cukup Efektif”). Analisis statistik menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 66,43 (pretest) menjadi 84,43 (posttest). Uji hipotesis sendiri menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukkan perbedaan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif Adobe Animate efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Desain Komunikasi Visual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...