Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Gaya Mengajar Guru Dalam Mendorong Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 3 Bone Kab.Bone Bolango

Podungge, Rani Setyo (Unknown)
Hafid, Radia (Unknown)
Mahmud, Melizubaida (Unknown)
Panigoro, Meyko (Unknown)
Gani, Imam Prawiranegara (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Gaya Mengajar Guru Dalam Mendorong Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 3 Bone Kab.Bone Bolango. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa Gaya mengajar yang digunakan oleh guru IPS kelas VIII SMP Negeri 3 Bone yaitu lebih cenderung pada gaya mengajar Klasik. Hal ini terlihat dari keseluruhan proses pembelajaran dimana gaya mengajar yang digunakan oleh guru IPS kelas VIII cenderung menggunakan gaya mengajar klasik. Adapun beberapa upaya yang dilakukan guru dalam mendorong aktivitas belajar siswa adalah dengan menciptakan lingkungan kondusif, melibatkan siswa untuk aktif, menggunakan metode mengajar yang beragam, menggunakan variasi gaya mengajar, dan pemb erian reward pada siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...