Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media pengajaran bahasa Inggris, yaitu Dictionary Box dan Card, dalam meningkatkan kosakata mahasiswa tunarungu di Universitas Hamzanwadi melalui pendekatan kualitatif. Partisipan dari penelitian ini adalah 3 orang pendamping/tutor tunarungu dalam program General English universitas hamzanwadi 2024 dan 4 siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dan observasi langsung terhadap pendamping/tutor Bahasa inggris mahasiswa tunarungu pada program general English universitas hamzanwadi dan mahasiswa tunarungu dalam menggunakan Dictionary Box dan Card. Data dikumpulkan dari pengalaman dan persepsi mahasiswa serta pendamping/tutor mengenai kelebihan dan kendala dalam penggunaan Dictionary Box dan Card. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendamping/tutor merasa media dictionary box and card mudah untuk diimplementasikan dalam mengajar kosakata Bahasa inggris bagi siswa tunarungu. Selain itu mahasiswa tunarungu juga merasa lebih cocok untuk menggunakan media dictionary box and card dalam menghafal kosakata Bahasa inggris. Faktor-faktor seperti keterlibatan aktif, visualisasi yang jelas, dan konteks penggunaan berperan penting dalam meningkatkan pemahaman kosakata. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media Dictionary Box dianggap lebih efektif dalam mendukung pembelajaran kosakata bagi mahasiswa tunarungu didukung oleh dan penggunaan media yang mudah untuk digunakan dan juga kemampuan belajar mahasiswa tunarungu yang mengandalkan kemampuan visual. Temuan ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan metode pengajaran bahasa Inggris yang lebih inklusif dan adaptif terhadap kebutuhan mahasiswa tunarungu.
Copyrights © 2024