Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi profesional, dan motivasi kerja terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Jumlah sampel penelitian adalah 188 guru. Analisis penelitian ini meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pendidikan sekolah dasar negeri di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora sebesar 50,2% dan sisanya sebesar 49,8% dipengaruhi oleh variabel lain; (2) terdapat pengaruh kompetensi profesional terhadap mutu pendidikan sekolah dasar negeri di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora sebesar 47,6% dan sisanya sebesar 52,4% dipengaruhi oleh variabel lain; (3) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap mutu pendidikan sekolah dasar negeri di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora sebesar 35,6% dan sisanya sebesar 43,6% dan sisanya sebesar 56,4% dipengaruhi oleh variabel lain; dan (4) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi profesional, dan motivasi kerja terhadap mutu pendidikan sekolah dasar negeri di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora sebesar 62,6% dan sisanya sebesar 37,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Mutu Pendidikan, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja
Copyrights © 2024