Penelitian ini didasari oleh permasalahan hasil belajar peserta didik dalam materi Teks Fiksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Teks Fiksi melalui media quizizz pada siswa kelas V SDN Silih Asih 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V dengan jumlah 24 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun untuk perbedaan rata-rata skor hasil belajar peserta didik pada siklus I dan II menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan hasil belajar peserta didik melalui media quizizz yang ditunjukan dari hasil evaluasi pada setiap siklus yang meningkat. Pada siklus I diperoleh rata-rata belajar 63 dan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar 78,25. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media quizizz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Teks Fiksi.
Copyrights © 2024