Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V

Nadianti, Retno Mutia (Unknown)
Sugiyanti, Sugiyanti (Unknown)
Patonah, Siti (Unknown)
Juwariyah, Juwariyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

AbstrakPenelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Pedurungan Lor 01 menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Tujuannya ialah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini mencakup empat komponen utama: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada kondisi awal, persentase ketuntasan belajar siswa adalah 51,85%, namun meningkat menjadi 66,66% setelah siklus I, dan mencapai 88,88% setelah siklus II. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila di kelas V. Kata kunci : Hasil belajar, Problem Based Learning, Pendidikan Pancasila

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...