Kesuksesan suatu organisasi sebagian besar ditentukan oleh pengelolaan sumber daya manusianya. Sumber daya manusia merupakan pelopor utama dalam menjalankan sebuah aktivitas. Sumber daya manusia yang baik dapat dikelola dengan pemimpin yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Fokus utama penelitian adalah menganalisis pengaruh kepemimpinan, kualitas pelayanan, dan kepuasan kerja terhadap kinerja rumah sakit berdasarkan kajian literatur yang komprehensif. Hubungan antara kepemimpinan, kualitas pelayanan, dan kepuasan kerja terhadap kinerja rumah sakit juga menunjukkan bahwa ketiga faktor ini berinteraksi dalam menciptakan budaya kerja yang produktif dan memuaskan bagi semua pihak yang terlibat. Kepemimpinan yang efektif mampu membentuk lingkungan kerja yang mendukung dan memotivasi staf, yang pada gilirannya berkontribusi pada peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien. Manajer yang mampu mengelola stres kerja dan mengedepankan komunikasi yang baik cenderung menciptakan suasana kerja yang harmonis dan meningkatkan kepuasan kerja.
Copyrights © 2024