AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi perubahan dan pengambangan yang tepat untuk memperbaiki citra DPM Unand Kampus 2 Payakumbuh yang sempat mendapatkan mosi tidak percaya dari masyarakat UNAND dan mengembalikan eksitensi dari DPM yang selama ini dirasa tidak ada. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori strategi pemasaran dan teori strategi komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan informan pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, hasil dari pemilihan sampling ini ialah didapati tiga audiens yang memiliki kriteria sesuai yang sudah peneliti terapkan dan mau untuk diwawancara. Dalam memperoleh data teknik yang dilakukan ialah malakukan wawancara mendalam kepada ketiga orang informan tersebut serta melalui studi pustaka. Untuk menguji keabsahan dari data yang dimiliki maka dilakukan pengujian dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam memperbaiki citra DPM yang sudah rusak serta mengembalikan eksitensi DPM yang sudah memudar ialah dengan penerapan strategi perubahan baik dalam lingkup internal dan ekstrnal begitupun dengan strategi pengembangnnya juga dilakukan dalam lingkup internal dan eksternal.Kata Kunci: Strategi Perubahan, Strategi Pengembangan, Organisasi, DPM
Copyrights © 2024