Media sosial instagram merupakan salah satu media social yang banyak dipakai perusahaan atau pribadi untuk mempromosikan produk atau membentuk citra merek. Konsumen saat ini banyak memanfaatkan media social Instagram sebagai referensi dalam membeli sebuah produk atau jasa. Buzzer adalah istilah yang merujuk pada seseorang yang bekerja untuk mendengungkan pesan atau pandangan tertentu mengenai persoalan, gagasan atau merek/produk agar terlihat sealami mungkin. Buzzer berupaya mempengaruhi opini public agar sejalan dengan pandangan yang ingin mereka lumrahkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran buzzer dalam membentuk citra merek/produk di media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peran buzzer dalam membentuk citra merek/produk di instagram yakni: (1) Pada Akun Clorismen terdapat tiga Peran Buzzer yaitu, memasarkan produk dan layanan, membangun kesadaran brand, dan mengubah perilaku konsumen. (2) Karakteristik komentar Buzzer, lebih mengarah kepada aktivitas berisik dan memperbanyak suara. (3) Clorismen menerapkan feature-based, user-imagery, dan Iklan, untuk menciptakan citra merek. Penelitian ini menggunakan pandangan integrasi sosial untuk menciptakan pengikut atau konsumen agar membeli produk
Copyrights © 2024