Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 5 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Stunting Terhadap Kemampuan Belajar Anak di Sekolah: Implikasi untuk Pendidikan Di SDN 17 Kayu Aro

Fitriana, Dewi (Unknown)
Pikri , Hayatul (Unknown)
Ningsih, Fitria Dian (Unknown)
Novelia, Liza (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pentingnya pemahaman tentang perkembangan anak stunting dalam konteks pendidikan inklusif di Indonesia. Anak stunting, yang mengalami keterlambatan pertumbuhan fisik dan perkembangan akibat kekurangan gizi, menghadapi tantangan belajar yang unik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perkembangan anak stunting di SDN 17 Kayu Aro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruhnya terhadap proses belajar, memahami pemahaman guru tentang anak stunting, dan mengeksplorasi strategi pengajaran yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan lapangan, melibatkan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak stunting mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan kurikulum, memiliki respons yang terlambat terhadap instruksi, pemahaman konsep yang terbatas, dan memerlukan bantuan tambahan. Dukungan dari guru dan orang tua sangat penting untuk meningkatkan motivasi belajar mereka, dan pendekatan pendidikan inklusif yang adaptif diperlukan untuk mengoptimalkan potensi mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...