Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 5 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Sunggal Kelas XI5

Andriani, Ade (Unknown)
Wulandari, Putri (Unknown)
Mawaddah, Fiha (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika Siswa SMA Negeri 1 Sunggal kelad XI5. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah motivasi. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran sejauh mana motivasi belajar memengaruhi prestasi belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Pendekatan Kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket dan hasil tes prestasi matematika siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA 1 Sunggal kelas XI 5 dapat dilihat dari hasil R Square yang dalam penelitian ini didapat 0,448 sehingga diperoleh KD = 44,8 %, artinya sebesar 44.8% faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, sedangkan 55,2 % dipengaruhi faktor lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...