Dalam konteks sekolah, budaya organisasi mencakup pola komunikasi, hubungan antar anggota sekolah, serta cara-cara dalam menyelesaikan masalah yang muncul di lingkungan sekolah. Budaya organisasi yang baik dapat menciptakan lingkungan yang mendukung kerja sama antar individu, meningkatkan kepuasan kerja, dan pada akhirnya meningkatkan kinerja dan komitmen profesionalisme guru. Sebaliknya, budaya organisasi yang buruk dapat menurunkan motivasi kerja, menyebabkan stres, dan mengurangi kualitas pendidikan yang diberikan. Komitmen profesionalisme guru dapat dijelaskan sebagai suatu sikap atau perilaku yang mencerminkan dedikasi, tanggung jawab, dan integritas seorang guru terhadap profesinya Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisa peran budaya organisasi dalam meningkatkan komitmen profesionalisme guru di sekolah. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara dengan guru dan stakeholder sekolah terkait, serta observasi terkait komitmen profesionalisme guru di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi mempengaruhi komitmen profesionalisme guru budaya organisasi yang positif di sekolah negeri berperan besar dalam meningkatkan komitmen profesionalisme guru Elemen-elemen budaya organisasi, seperti kepemimpinan kepala sekolah, sistem penghargaan bagi guru berprestasi, dan kolaborasi antar guru, terbukti memiliki dampak yang signifikan terhadap motivasi dan kinerja guru dalam menjalankan tugasnya.
Copyrights © 2025