Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cintawargi I merupakan suatu lembaga yang berada di tengah-tengah permukiman masyarakat, yang bertempat di Kp. Ciakar, Cintawargi, Kecamatan. Tegalwaru, Kabupaten. Karawang, Jawa Barat, terdapat beberapa tenaga pengajar yang berkontribusi dalam meningkatkan kualitas belajar dan mengajar. Di sekolah SDN Cintawargi I bahwa guru-guru disana khususnya guru PAI masih belum bisa secara maksimal dalam meningkatkan kemampuan atau prestasi belajar peserta didik, sehingga berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan Kepala Sekolah dan juga guru bidang studi Pendidikan Agama Islam di SDN Cintawargi I Loji Karawang, peserta didik masih kesulitan untuk menghafal surah-surah pendek, dan hasil belajar juga masih belum maksimal. Maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah kinerja guru PAI, lalu kontribusi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI, serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi professional guru PAI di SDN Cintawargi I Loji Karawang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, yang mana memiliki ciri-ciri diantaranya : Latar alami, peneliti sebagai instrument, dan penelitiannya bersifat deskriptif. Dan dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan juga dokumentasi, lalu untuk analisis data peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kontribusi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi professional guru PAI yaitu dengan mengadakan rapat, melakukan supervisi atau pengawasan, melengkapi sarana dan prasarana, dan memberikan motivasi kepada guru dan juga staf. Dan ada beberapa hal yang mendukung dalam meningkatkan kompetensi professional guru PAI yaitu, yang pertama lingkungan dan suasana kerja yang nyaman, kedua kerja sama yang tinggi antar guru dan kepala sekolah, dan yang ketiga faktor sarana dan prasana yang memadai.
Copyrights © 2024