Perubahan perilaku konsumen dan kesadaran masyarakat tentang dampak negatif aktivitas manusia terhadap lingkungan dan ekosistem bumi telah mendorong perusahaan untuk memperhatikan aspek lingkungan dalam strategi bisnis. Green marketing mix atau yang biasa disebut dengan bauran pemasaran hijau yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ramah lingkungan kepada konsumen. Tujuan utama dari green marketing mix adalah untuk menciptakan kesadaran di kalangan konsumen tentang pentingnya lingkungan dan dampak dari perilaku konsumsi masyarakat terhadap lingkungan. Tujuan ini dicapai dengan cara mempromosikan produk atau jasa yang memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah dan memberkan alternatif yang lebih ramah lingkungan bagi konsumen. Penelitian ini mengunakan penelitian kuantitatif dan bersifat asosiatif. Dimana Penelitian ini terdiri dari empat variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah green product (X1), green price (X2), green place (X3), green promotion (X4). Variabel terikatnya adalah Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara variabel bebas yang terdiri dari green product, green price, green place, green promotion terhadap keputusan pembelian atau yang disebut variabel terikat dengan menggunakan pengujian hipotesis dan statistika. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatra Utara prodi manajemen stambuk 2021 yang menjadi konsumen dari produk sepatu adidas. Jumlah dari populasi pada penelitian ini sebanyak 250 orang dimana populasi didapat berdasarkan data mahasiswa prodi manajemen stambuk 2021 dengan sampel pada penelitian ini adalah sebagian konsumen yang ditemui dan mengunakan produk sepatu adidas di fakultas ekonomi dan bisnis prodi manajemen Universitas Sumatra Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing mix dan keputusan pembelian yang ada pada sepatu Adidas mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatra Utara termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara green marketing mix tehadap keputusan pembelian.
Copyrights © 2025