Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 1 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Annysa Kecamatan Sunggal

Huswin, Muhammad Daffa Akbar (Unknown)
Siregar, Bahtiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Kurikulum Merdeka yang diterapkan secara terbatas pada siswa kelas 7 di SMP Annysa, sementara kelas 8 dan 9 masih menggunakan Kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan guru, observasi proses pembelajaran, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di kelas 7 telah mendorong inovasi pembelajaran berbasis proyek dan peningkatan partisipasi siswa. Namun, penerapan sistem kurikulum yang berbeda antar jenjang kelas menyebabkan tantangan, seperti ketidaksinkronan dalam metode penilaian dan perbedaan pola pembelajaran. Guru juga menghadapi tantangan dalam menyeimbangkan peran mereka antara kedua kurikulum yang berbeda. SMP Annysa berupaya mengatasi hambatan ini dengan memberikan pelatihan guru berupa bimtek serta mengembangkan strategi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi bertahap Kurikulum Merdeka memerlukan pendekatan adaptif dan evaluasi yang berkelanjutan agar transisi antar kurikulum berjalan lancar dan mendukung proses pembelajaran yang efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...