Persaingan antar pelaku UMKM yang menghasilkan produk yang sejenis akan semakin kompetitif, sehingga mengharuskan para pelaku usaha untuk selalu menjaga dan memperhatikan secara penuh terhadap kualitas produk yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan manajemen strategi, aktivitas bisnis akan lebih terarah serta menyesuaikan dengan perkembangan bisnis yang semakin kompleks. .Hasil analisis QSPM menunjukkan bahwa strategi memaksimalkan lokasi yang strategis untuk menarik pangsa pasar potensial memiliki skor TAS tertinggi sebesar 3,62 , strategi memperbaiki dan menjaga kualitas produk untuk mempertahankan koneksi pelanggan memiliki skor TAS sebesar 3,38, serta strategi memberikan diskon dan pelayanan yang baik untuk menjaga loyalitas pelanggan memiliki skor TAS sebesar 2,80. Rekomendasi strategi yang sebaiknya diterapkan oleh perusahaan adalah memaksimalkan lokasi yang strategis untuk menarik pangsa pasar potensial.
Copyrights © 2025