Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen sarana dan prasarana SMA Negeri 1 Indralaya. Fokus analisis terletak pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pengadaan, inventarisasi, pemeliharaan, penghapusan sarana dan prasarana. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Informan penelitian yaitu kepala dan pengelola sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, perencanaan sarana dan prasarana terbagi menjadi dua kategori yaitu program perencanaan dan perencanaan rumah tangga. Pelaksanaan manajemen mencakup pengadaan sarana yang dibedakan menjadi program dan rumah tangga. Pemeliharaan sarana pendidikan di sekolah ini ada dua jenis, yaitu pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah. Inventarisasi dilakukan sesuai dengan PERDA Provinsi Sumatera Selatan melalui pendataan menggunakan SIMDA. Namun penghapusan sarana pendidikan yang rusak atau tidak terpakai belum dilakukan; barang tersebut hanya disimpan di gudang penyimpanan. Evaluasi pengelolaan sarana dan prasarana perlu dilakukan secara lebih mendalam, terutama terkait penghapusan aset sekolah yang tidak lagi digunakan. Penelitian ini memberikan gambaran yang jelas mengenai pentingnya manajemen yang efektif untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah.
Copyrights © 2025