Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Promosi dan Citra Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Taman Wisata Iman Sitinjo Kabupaten Dairi”. Yang mana promosi adalah cara untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang biasanya dilakukan melalui iklan atau pemotongan harga, seperti diungkap Investopedia. Citra wisata merupakan persepsi seseorang atau mungkin kelompok orang terhadap suatu produk (barang dan jasa), dan menjadi dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan oleh konsumen untuk membeli atau tidak membeli, untuk datang atau tidak datang. Minat kunjungan ulang merupakan perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan pelanggan untuk melakuka pembelian ulang produk yang telah dibeli sebelumnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif assosiatif. Sampel dalam penelitian ini merupakan responden Responden yang mengunjungi taman wisata iman minimal 2x. Responden yang berusia dari 5 tahun hingga 60 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner melalui Google Form. Berdasarkan hasil Uji T didapati bahwa Promosi dan Citra Wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Pada Uji Koefisien Determinasi (R2) terlihat bahwa nilai Adjusted R Square yang diperoleh yaitu sebesar 0,753 (75,3%). Hal ini menunjukan bahwa variabel independen memiliki kemampuan yang tinggi dalam menjelaskan variasi pada variabel dependen (Minat Berkunjung Kembali) pada penelitian ini. Sisanya 24,7% yang akan terpengaruh oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dapat dijelaskan pada penelitian ini
Copyrights © 2025