Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digital telah memberikan dampak signifikan terhadap dunia pendidikan, termasuk lembaga madrasah yang perlu melakukan transformasi digital guna menjaga relevansi dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Kepala madrasah memegang peran strategis dalam mengarahkan perubahan tersebut melalui gaya kepemimpinan yang adaptif, visioner, transformasional, dan berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi pustaka untuk mengkaji berbagai gaya kepemimpinan dan kompetensi yang diperlukan dalam menghadapi tantangan digitalisasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa keberhasilan transformasi digital di madrasah sangat bergantung pada kompetensi teknologi kepala madrasah serta kemampuannya menciptakan budaya kerja yang inovatif dan responsif terhadap perkembangan teknologi. Gaya kepemimpinan yang efektif, didukung visi strategis dan penguasaan teknologi, menjadi kunci utama dalam mendorong perubahan positif dan mempertahankan relevansi pendidikan madrasah di tengah percepatan kemajuan teknologi.
Copyrights © 2025