Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 3 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Peserta Didik Kelas XI.3.1 SMAN 3 Medan

Morisca, Aulia (Unknown)
Harfiani, Rizka (Unknown)
Daulay, Umiatia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan layanan bimbingan klasikal dengan teknik problem solving dalam meningkatkan kemampuan manajemen waktu peserta didik kelas XI.3.1 SMAN 3 Medan. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan manajemen waktu di kalangan siswa, yang berdampak pada kurang optimalnya pencapaian akademik. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui angket manajemen waktu yang mencakup aspek penetapan tujuan, pengelolaan waktu, penyusunan jadwal, dan preferensi organisasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan manajemen waktu peserta didik setelah mengikuti layanan bimbingan klasikal dengan teknik problem solving. Rata-rata skor manajemen waktu siswa meningkat secara bertahap pada setiap siklus, menunjukkan bahwa intervensi ini efektif dalam membantu siswa mengidentifikasi permasalahan, merumuskan solusi, serta menerapkan strategi pengelolaan waktu yang lebih baik dalam aktivitas belajar sehari-hari. Layanan bimbingan klasikal berbasis problem solving dapat direkomendasikan sebagai strategi efektif untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu di lingkungan sekolah menengah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...