Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung anak usia 5 sampai 6 tahun di RA Al-Muslim, Baubau dengan menggunakan metode ilmiah. Masalah utama dari penelitian ini adalah metode pembelajaran berhitung anak usia dini di RA Al-Muslim masih menggunakan metode tradisional dan pasif serta kurang efektif. Dalam penelitian ini, model penelitian tindakan siklus digunakan di kelas untuk mengevaluasi keefektifan metode ilmiah. Sampel penelitian terdiri dari 10 anak dari RA Al-Muslim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode ilmiah secara signifikan meningkatkan keterampilan matematika anak-anak, dengan keterampilan matematika dasar meningkat dari 36,66% pra-siklus menjadi 83,33% pada Siklus II. Dengan melibatkan anak-anak dalam kegiatan berbasis penyelidikan, terbukti bahwa metode saintifik dapat menstimulasi dan meningkatkan pemahaman matematika anak-anak.
Copyrights © 2025