Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 3 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Saintifik di RA Al-Muslim

Syalfiani, Ditha (Unknown)
Susanti, Siti Misra (Unknown)
Hartati, Hartati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung anak usia 5 sampai 6 tahun di RA Al-Muslim, Baubau dengan menggunakan metode ilmiah. Masalah utama dari penelitian ini adalah metode pembelajaran berhitung anak usia dini di RA Al-Muslim masih menggunakan metode tradisional dan pasif serta kurang efektif. Dalam penelitian ini, model penelitian tindakan siklus digunakan di kelas untuk mengevaluasi keefektifan metode ilmiah. Sampel penelitian terdiri dari 10 anak dari RA Al-Muslim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode ilmiah secara signifikan meningkatkan keterampilan matematika anak-anak, dengan keterampilan matematika dasar meningkat dari 36,66% pra-siklus menjadi 83,33% pada Siklus II. Dengan melibatkan anak-anak dalam kegiatan berbasis penyelidikan, terbukti bahwa metode saintifik dapat menstimulasi dan meningkatkan pemahaman matematika anak-anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...