Penggunaan media sosial dalam melaksanakan bimbingan tugas akhir pada mahasiwa tingkat akhir sekarang ini sudah menjadi trend dan hal yang menjadi kebiasaan, terutama karena kemudahan komunikasi yang tejadi dan tingkat fleksibilitas yang ditawarkan oleh media sosial. Penelitian ini ingin mengetahui efektifitas media sosial sebagai sarana komunikasi dalam melaksanakan bimbingan tugas akhir mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta kampus Depok. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptiff. Pengambilan data menggunakan metode survei, wawancara, pengumpulan dokumen dan penyebaran angket yang diberikan kepada mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun tugas akhir. Teknis analisa data berupa analisis deskriptif, dimana Miles mengatakan analisis ini terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media online seperti WhatsApp, Google Meet, Zoom, dan email cukup efektif dalam menunjang proses bimbingan tugas akhir, terutama bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan waktu. Media tersebut mempermudah komunikasi, mempercepat pengiriman dokumen, dan meningkatkan fleksibilitas jadwal bimbingan. Namun, efektivitasnya dipengaruhi oleh kualitas jaringan, respon dosen, dan kesiapan mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi komunikasi yang terstruktur dan pemanfaatan media yang lebih interaktif untuk mengoptimalkan proses bimbingan daring.
Copyrights © 2025