Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap Social Media Marketing pada pelaku UMKM Kabupaten Kolaka dibidang kuliner. (2) Pengaruh Organization berpengaruh positif dan signifikan terhadap Social Media Marketing pada pelaku UMKM Kabupaten Kolaka dibidang kuliner. (3) Pengaruh Environment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Social Media Marketing pada pelaku UMKM Kabupaten Kolaka dibidang kuliner. (4) Pengaruh Social Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada pelaku UMKM Kabupaten Kolaka dibidang kuliner. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode Kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Dokumentasi dan Kuesioner. Populasi penelitian ini adalah Pelaku UMKM di Kabupaten Kolaka khususnya di bidang kuliner. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 355 orang. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan SPSS 25.0. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji measurement model (Outer model) dan pengujian model struktural (Inner model) dengan Smart PLS 4.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Technology terhadap Social Media Marketing pada pelaku UMKM Kabupaten Kolaka dibidang kuliner yang ditunjukkan dengan nilai Original Sampel Estimate 0.321 dan T-Statistic sebesar 5.199 dengan nilai P-Value 0.000. (2) Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara Organization terhadap Social Media Marketing pada pelaku UMKM Kabupaten Kolaka dibidang kuliner yang ditunjukkan dengan nilai Original Sampel Estimate sebesar -0.058 dan T-Statistic sebesar 0.771 dengan nilai P Value 0.221. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Environment terhadap Social Media Marketing pada pelaku UMKM Kabupaten Kolaka dibidang kuliner yang ditunjukkan dengan nilai Original Sampel Estimate sebesar 0.574 dan T-Statistic sebesar 10.453 dengan nilai P Value 0.000. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Social Media Marketing terhadap kinerja pemasaran pada pelaku UMKM Kabupaten Kolaka dibidang kuliner yang ditunjukkan dengan nilai Original Sampel Estimate sebesar 0.810 dan T-Statistic sebesar 45.608 dengan nilai P Value 0.000.
Copyrights © 2025