Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 4 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Anak Usia 5–6 Tahun melalui Metode Eksperimen tentang Gejala Alam Hujan di PAUD

Hasana, Hasana (Unknown)
Maulana, Redi Awal (Unknown)
Elnawati, Elnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep sains anak usia 5–6 tahun melalui penerapan metode eksperimen, khususnya pada topik gejala alam hujan. Penelitian dilaksanakan di RA Ashabulyamin Cianjur menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 20 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap proses terjadinya hujan. Pada kondisi awal, sebagian besar anak belum memahami tahapan penguapan, kondensasi, dan presipitasi. Setelah dilakukan eksperimen sederhana menggunakan media air panas dan es batu, pemahaman anak meningkat secara signifikan. Pada akhir siklus II, 85% anak mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan dan Berkembang Sangat Baik. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis eksperimen efektif diterapkan dalam pendidikan sains anak usia dini. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Eksperimen, Gejala Alam, Hujan, Sains

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...