Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 4 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Desa Pohsangit Leres Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo

Fernanda, Fernanda (Unknown)
Sri Astuti, Veronica (Unknown)
Yunus, Eko Yudianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Pelayanan publik berkualitas memiliki peran penting dalam menunjang kepuasan Masyarakat yang lebih baik, khususnya di tingkat desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana mutu pelayanan publik yang dilaksanakan berdampak terhadap tingkat kepuasan masyarakat di Kantor Desa Pohsangit Leres, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama kepada 98 responden. Hasil analisis mengindikasikan bahwa masyarakat merasa lebih menunjukkan kepuasan terhadap pelayanan diterima sesuai harapan, baik dari segi kecepatan, kejelasan prosedur, hingga sikap petugas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perbaikan standar pelayanan memiliki dampak langsung terhadap meningkatnya kepuasan masyarakat. Dengan demikian, diperlukan usaha yang terus-menerus untuk membenahi sistem pelayanan serta meningkatkan kapasitas aparatur desa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...