Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat Sekolah Dasar (SD). Perkembangan teknologi digital, terutama AI, telah membawa transformasi signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran IPA. Meskipun pembelajaran IPA di SD sering dihadapkan pada tantangan seperti keterbatasan media pembelajaran dan metode yang konvensional, penerapan AI menawarkan solusi yang potensial. Teknologi AI dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang adaptif, personal, dan interaktif, yang dapat meningkatkan motivasi, partisipasi, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi literatur menggunakan analisis kualitatif terhadap sepuluh artikel yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan AI dalam pembelajaran IPA, seperti melalui media pembelajaran berbasis AI, telah terbukti meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi IPA. AI juga memungkinkan pembuatan eksperimen virtual dan soal berbasis AI yang dapat mengasah keterampilan berpikir kritis siswa. Kesimpulannya, penggunaan AI dalam pembelajaran IPA di SD memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar, dengan menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan berbasis data, serta mendukung guru dalam memberikan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.
Copyrights © 2025