LEMMA: Letters Of Mathematics Education
Vol 3, No 2 (2017): LEMMA : Letters of Mathematics Education

KAJIAN KESULITAN MAHASISWA DALAM PENGOPERASIAN OBE: STUDI KASUS MATA KULIAH ALJABAR LINIER ELEMENTER

Fauziah, Fauziah (Unknown)
Wahyuni, Yusri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis hasil belajar mahasiswa pada pengeoperasian OBE pada mata kuliah Aljabar Linier Elementer dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas karena penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah Aljabar Linear Elementer dan dilakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran secara terus menerus selama penelitian.Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa kelas A Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang mengambil mata kuliah Aljabar Linier Elementer semester genap tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 41 orang. Berdasarkan hasil analisis terhadap data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa meningkat dari siklus I ke siklus II dan mencapai target dalam penelitian ini yaitu 70% dari jumlah mahasiswa di kelas memperoleh nilai ≥ B. Kata kunci : Kesulitan, cooperative learning, ALE, Hasil Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of LEMMA is a journal of mathematics education result written by all academics such as teacher, lecturer, researcher who has done peneitian in mathematics education. ...