Jurnal Cahaya Mandalika
Vol. 3 No. 3: Jurnal Cahaya Mandalika

PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN GAYA MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs NW KOTARAJA LOMBOK TIMUR, NTB

Juaini, Ahmad (Unknown)
Aliyah, Naelud Darajatul (Unknown)
Darmawan, Didit (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Dalam proses pembelajaran, faktor-faktor seperti fasilitas belajar, gaya mengajar guru, dan lingkungan belajar memegang peranan penting dalam memotivasi siswa. Motivasi belajar menjadi elemen kunci yang membantu siswa mengembangkan potensi mereka secara optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar, gaya mengajar guru, dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini akan mengadopsi pendekatan kuantitatif sebagai metode utama untuk mengeksplorasi dan mengukur dampak fasilitas belajar, gaya mengajar guru, dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa. Pilihan pendekatan ini didasarkan pada keinginan untuk menyajikan hubungan antar variabel secara terperinci dan terukur, memungkinkan pengetahuan tambahan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar. Dalam hasil penelitian ini, terlihat bahwa fasilitas belajar berperan sangat signifikan dalam membentuk kondisi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa MTs NW Kotaraja Lombok Timur NTB. Fasilitas yang memadai, termasuk penggunaan teknologi pembelajaran modern, dapat menciptakan lingkungan yang memotivasi siswa untuk aktif dan berpartisipasi dalam proses belajar. Keberadaan sarana pendukung yang memadai tidak hanya memberikan kenyamanan fisik, tetapi juga merangsang minat siswa, menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan memotivasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JCM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other ...