LEMMA: Letters Of Mathematics Education
Vol 4, No 1 (2017): LEMMA : Letters of Mathematics Education

HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 10 SUNGAI PENUH

Arlianti, Nofyta (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2018

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat  hubungan interaksi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Sungai Penuh. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan antara interaksi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Sungai Penuh. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 10 Sungai Penuh, berjumlah 38 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling atau penentuan sampel secara acak setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata. Data mengenai pengaruh interaksi belajar  diperoleh dengan menggunakan angket yang disebarkan kepada setiap siswa yang menjadi sampel, angket yang digunakan merupakan angket tertutup dengan empat skala penelitian berdasarkan skala likert. Sedangkan data hasil belajar metematika siswa dalam penelitian ini adalah nilai tes pada materi pokok relasi dan fungsi. Dalam penelitian ini penulis mengolah data dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana.  Persamaan regresi yang diperoleh yaitu Ŷ= -21,56 + 1,311X. Kemudian dilanjutkan dengan uji keberartian regresi didapatkan Fhitung = 9,5646 sedangkan Ftabel­ = 4,41. Karena Fhitung > Ftabel  maka regresi berarti secara nyata pada taraf 95%. Ini berati terdapat hubungan interaksi belajar terhadap hasil belajar matematika dan untuk uji linieritas, didapatkan Fhitung = 1,016 sedangkan Ftabel­ = 3,60. Karena Fhitung < Ftabel berarti persamaan regresi adalah linier. Selanjutnya menghitung harga koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Harga koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,589 dan koefisien determinasi adalah 34,69%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara interaksi belajar terhadap hasil belajar matematika. Oleh karena itu disarankan kepada guru matematika agar dapat memberikan dorongan dan membangkitkan interaksi belajar siswa dalam belajar matematika sehingga hasil belajar matematika siswa dapat meningkat. Kata Kunci: Interkasi belajar dan hasil belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of LEMMA is a journal of mathematics education result written by all academics such as teacher, lecturer, researcher who has done peneitian in mathematics education. ...