LEMMA: Letters Of Mathematics Education
Vol 3, No 1 (2016): LEMMA : Letters of Mathematics Education

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR DEDUKTIF AKSIOMATIK MAHASISWA MENGGUNAKAN TEKNIK PROBING-PROMPTING PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL LANJUT

Lestari, Karunia Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu pre-experimental design tipe one-shot case study. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VII program studi pendidikan matematika FKIP UNSIKA tahun ajaran 2014-2015 yang mengontrak mata kuliah analisis real lanjut sebanyak 38 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data instrumen tes diperoleh kesimpulan bahwa Pada taraf kepercayaan 95% tidak cukup bukti untuk menyatakan bahwa kemampuan berpikir deduktif aksiomatik mahasiswa menggunakan teknik probing-prompting pada mata kuliah analisis real lanjut secara signifikan lebih besar dari 75% dari kriteria ideal yang ditetapkan. Selanjutnya hasil analisis data instrumen non tes menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh mahasiswa dalam berpikir deduktif aksiomatik menggunakan teknik probing-prompting pada mata kuliah analisis real lanjut, yaitu: (1) kesulitan dalam membaca simbol-simbol matematis; (2) kesulitan dalam memahami definisi, aksioma, postulat, dan teorema (3) kesulitan memulai dan melakukan proses pembuktian; (4) kesulitan memilih dan menggunakan definisi, aksioma, postulat, atau teorema untuk melakukan pembuktian; dan (5) kesulitan menerapkan definisi, aksioma, postulat dan teorema pada permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Faktor yang menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam berpikir deduktif aksiomatik pada mata kuliah analisis real lanjut adalah: (1) faktor teknis; (2) faktor habit of mind, (3) faktor penguasaan materi dan (4) faktor intensitas latihan. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Deduktif Aksiomatik, Teknik Probing-Prompting

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of LEMMA is a journal of mathematics education result written by all academics such as teacher, lecturer, researcher who has done peneitian in mathematics education. ...