Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, struktur aktiva, pertumbuhan penjualan ,dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI tahun 2010-2013. Sampel pada penelitian yaitu berjumlah 14 dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian menggunkan data sekunder berupa data keuangan yang didapat dari BEI. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier berganda, maka dapat diketahui bahwa secara simultan variabel profitabilitas, struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan secara parsial, hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode penelitian terdapat tiga variabel saja yang signifikan, yakni profitabilitas, struktur aktiva, dan pertumbuhan penjualan. Serta hasil penelitian ini juga menegaskan bahwa variabel yang perlu diperhatikan sekaligus yang mempengaruhi struktur modal paling dominan adalah profitabilitas. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian, maka dalam penetapan struktur modalnya, perusahaan makanan dan minuman perlu untuk melihat variabel profitabilitas, struktur aktiva, dan pertumbuhan penjualan, terutama pada variabel ukuran perusahaannya.
Copyrights © 2016